PEMIMPIN HUMANIS DAN BERWAWASAN GLOBAL

KAMPUS SANTA MARIA BELAJAR CODING

Selama bulan November sejak tanggal 6-7, 13-14 dan 20-21 November 2020 Kampus Santa Maria Jakarta melaksanakan pelatihan coding, 6-7 November 2020 KB-TK dan SD Santa Maria,13-14 November diikuti unit SMP Santa Maria dan pada tanggal 20-21 November diikuti oleh SMK Santa Maria, diikuti baik oleh tenaga pendidik maupun kependidikan.

Siapa yang tidak jenuh jika setiap hari harus bertatapan dengan layar komputer, sehingga pihak sekolah pun berusaha berinovasi agar pembelajaran lebih menyenangkan. Pelatihan coding sederhana bertujuan agar tenaga pendidik lebih variatif dan inovatif dalam pembelajaran. Pembelajaran Jarak Jauh berbasis online masih terus dijalankan selama masa pandemi Covid 19, besar harapan agar para peserta didik dapat menguasai materi pelajaran maupun menikmati proses pembelajaran.

Bersama Bapak Stephen, Bapak Denny dan Bapak Eky, tenaga pendidik KBTK, SD, SMP, SMK Santa Maria Jakarta belajar bahasa pemrograman scratch.

Scratch ini adalah sebuah bahasa pemrograman visual untuk lingkungan pembelajaran yang memungkinkan pemula untuk belajar membuat program tanpa harus memikirkan salah-benar penulisan sintaksis (https://id.wikipedia.org/ wiki/Scratch_(bahasa_pemrograman)).

Peserta pelatihan cukup men-drag block instruksi yang sesuai dengan keinginan agar gambar bergerak. Dengan Scratch tenaga pendidik dapat membuat game, animasi yang mana kontennya dapat disesuaikan dengan materi pelajaran.

Antusias yang luar biasa terasa saat bapak ibu guru mencoba membuat project masing-masing.

Bapak Stephen menyemangati tenaga pendi dik di Kampus Santa Maria dengan kisah Masako Wakamiya seorang progammer berusia 81, yang direkrut oleh perusahaan Apple setelah mengembangkan salah satu Aplikasi iPhone.

Bahwa tak ada yang tak mungkin jika ada kemauan untuk belajar, diusia berapa pun ketika ada kemauan maka akan ada jalan.

Sr. Korina Ngoe OSU selaku ketua Yayasan menambahkan bahwa ke depannya akan mempertimbangkan Coding untuk dimasukan ke dalam ekstrakurikuler agar anak-anak tidak hanya bermain game melainkan bisa inovatif, kreatif dan produktif berkarya menjadi programer.

Manfaat belajar Coding lainnya yaitu untuk membantu cara berpikir yang runtut logis, berlogika, sekaligus memberikan efek fun. Tak hanya itu dengan belajar coding diharapkan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan efektf dimasa pembelajaran saat ini. red