INSTITUSI PENDIDIKAN SOCIOPRENEUR, CERDAS, MANDIRI, PENUH KASIH

Siap Menjadi Pribadi Yang Sukses

Kamis 19 Januari 2023, semua peserta didik kelas 6 SD Santa Maria mengikuti kegiatan Seminar Peneguhan bersama Bapak Stefanus Rizal Rejadi, seminar ini bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat juang peserta didik yang sebentar lagi akan menghadapi penilaian akhir sekolah.

Peserta didik mengikuti seminar dengan penuh antusiasme, banyak kisah dari tokoh-tokoh maupun reality show yang ditayangkan untuk mengilustrasikan mengenai perjuangan hidup, tantangan, usaha-usaha yang dialami tokoh untuk menggapai kesuksesan, video-video tersebut mampu membuat anak-anak terkesima.

Tidak hanya dimotivasi dengan berbagai tayangan, anak-anak diajak untuk langsung membuktikan diri dengan permainan memecahkan keramik dengan bohlam beberapa anak dipilih untuk melakukan atraksi.

Dari permainan ini anak belajar untuk berani menghadapi tantangan, percaya diri, melatih untuk fokus; memusatkan pikiran kepada apa yang harus dilakukan, tidak mudah menyerah hingga mencapai tujuan yaitu memecahkan keramik.

Kegiatan seminar ditutup dengan kegiatan membuat menara dari sedotan secara berkelompok, mereka diberi waktu 15 menit untuk bersama membuat menara dari sedotan yang kuat dan tahan angin.

Menara sedotan menggambarkan menari hidup kita, sisi-sisinya adalah kemampuan dan pengetahuan yang kita peroleh selama di sekolah atau pun kegiatan non formal lainnya yang membuat menara semakin tinggi, tetapi tidak akan bertahan jika bagian paling penting dan vital dari menara itu tidak kokoh. Fondasi menara yang dibuat dengan baik dan kuat akan bertahan dari berbagai rintangan. Fondasi menara hidup kita adalah akhlak atau mental mulai rasa percaya diri, bagaimana kita memiliki tujuan hidup, bagaimana kita bisa memfokuskan diri kepada tujuan; tidak mudah diganggu maka kita akan membangun menara yang semakin tinggi dan kokoh untuk mencapai kesuksesan.