Mengenal beragam profesi melalui kegiatan Parents Teaching

Ada beragam profesi di dunia, contohnya pilot, masinis, penyanyi, teknisi, koki, guru, youtuber, dan masih banyak lagi tentunya. Kalau sudah besar nanti, kamu mau jadi apa? Apakah ingin menjadi profesor? ataukah menjadi koki? mungkin juga menjadi penyanyi? Ingin menjadi apa saja, boleh dong yang penting bisa berguna bagi diri sendiri, keluarga, dan tanah air kita Indonesia. 

Beragam profesi yang ada, memiliki beragam cara untuk mencapainya. SD Santa Maria mengundang para orang tua untuk berbagi, bercerita tentang profesi yang mereka miliki, serta memberi tahu karakter apa sih yang dibutuhkan untuk mencapai profesi tersebut?.

Parents teaching adalah nama kegiatan ini, berlangsung selama 3 hari pada tanggal 19-21 Agustus 2024 bertempat di aula SD Santa Maria. Para orang tua membagikan kisah mereka, ini dia keseruannya. Yuk kita bahas dari hari yang pertama:

Bapak Robert Raindy Sugito dan Ibu Drg. Christien Hendriono, Sp. KG, FICD, FISID, berbagi cerita pada hari pertama.

Kegiatan Parents Teaching hari pertama diikuti oleh kelas 1 dan 2. Bapak Raindy bercerita mengenai profesi tentara. TNI adalah Tentara Nasional Indonesia bertugas menjaga kedaulatan negara Indonesia. Pesan dari pak Raindy “Beriman kepada Tuhan, hormat kepada orangtua, lakukan interaksi dan kerjasama yang baik, Selalu melatih diri, dan jadilah pribadi yang memberi terang”

Ibu Drg. Christine bercerita tentang profesi dokter gigi. Mari kita menjaga kesehatan gigi dengan rajin menggosok gigi serta berkunjung ke dokter gigi 6bulan sekali, “Happy Teeth, Happy Kids”. 

Ibu dr. Donna Octaviani dan Ibu henny Anggraini,
berbagi cerita pada hari kedua.

Kelas 3 dan 4 menjadi peserta dalam kegiatan Parents Teaching hari yang kedua. Profesi dokter saraf, ibu dr. Donna bercerita mengenai hal-hal yang dilakukan selama menjadi dokter saraf. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi seorang dokter saraf. Karakter apa sih yang harus ada dalam diri seorang dokter? Ada juga peragaan singkat menggunakan alat kedokteran.

Ibu Henny bercerita mengenai profesi arsitektur. Apa saja sih yang perlu dilakukan seorang arsitek untuk mendirikan sebuah bangunan? Ternyata ada banyak hal, mulai dari memikirkan ide, menggambar, dan berkoordinasi dengan tim. Menurut bu Henny “Every project is our baby”.

Ibu Yonny Setiady dan Ibu Magdalena Witantiningsih (Tanti), berbagi cerita pada hari ketiga

Pada hari terakhir diikuti oleh kelas 5 & 6. Ibu Yonny Setiady bercerita mengenai profesi sebagai Country Manager dari perusahaan Novonesis Indonesia dan juga Head of Sales Oils and Fats South East Asia. Wah, nampaknya profesi yang menyenangkan ya. Selain menjelaskan tentang profesinya, bu Yonny juga bercerita mengenai biosolusions, serta manfaat dari enzim dalam kebutuhan hidup kita. Kalimat motivasi dari bu Yonny “Everyday opportunity to unleash my passion and experience”

 

Ibu Tanti bercerita tentang profesi menari. Bu Tanti sudah belajar menari sejak usia 7 tahun, menguasai hampir 50 tari tradisi Indonesia dari Aceh sampai Papua. Ketekunan membuahkan hasil, bu Tanti juga sering menjadi duta seni mewakili Indonesia untuk menari ke benua Asia, Eropa, Afrika, dan Australia. Kunci untuk menjadi sukses adalah tekun, rajin, disiplin, dan fokus. “Sertakan TUHAN dalan segala kegiatan”

Demikian keseruan kegiatan Parents Teaching semester ganjil, sampai jumpa dalam kegiatan berikutnya. Salam Serviam!