PEMIMPIN HUMANIS DAN BERWAWASAN GLOBAL

Ceria Membina Pramuka di Era Digital

Kegiatan kursus Pembina Pramuka Tingkat dasar yang diselenggarakan oleh TKK MPK KAJ bekerja sama dengan Kwarda Gerakan Pramuka DKI Jakarta dibagi menjadi  dua tahap, pertama dilaksanakan pada 24-26 Februari 2023 di SD St. Fransiskus III akan dilanjutkan pada tanggal 3-5 Februari 2023 Canisius Camping Ground-Sentul.

Kegiatan ditahap pertama bapak-ibu pembina  mendapatkan pendampingan secara teoritis mengenai hal-hal fundamental Gerakan Kepramukaan; tentang hal-hal penting di kepramukaan.

Terdapat empat hal mendasar dalam gerakan  kepramukaan yaitu:

  1. Landasan  yang melatarbelakangi gerakan kepramukaan
  2. Sistem, dimana untuk pramuka masih menganut sistem Among yang diperkenalkan oleh Ki Hadjar Dewantara, sistem Among diterapkan dalam setiap jenjang kepramukaan seperti untuk tingkat Siaga memakai prinsip ing ngarso sung tulodo : pembina berada di depan peserta didik sebagai teladan. Untuk tingkat penggalang nilai ing madyo mangun karso (pembina memberikan motivasi/menguatkan peserta didik), sedangkan untuk tingkat Penegak prinsip Tut Wuri Handayani dimana pembina sebagai fasilitator
  3. Strategi menyangkut kemajelisan, rencana strategis yang akan dilakukan serta kwartir
  4. Isi, menyangkut pendidikan, metode kepramukaan, kiasan dasar, SKU-SKK/TKK)

Tidak hanya dibekali dengan hal-hal fundamental kepramukaan, kakak-kakak pembina diberikan ilmu PDKMK( Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan) yang mana terdapat empat (4) prinsip dasar kepramukaan dan delapan (8) metode yang harus dipahami sebagai pembina. Pembina juga diberikan pendidikan mengenai postur pembina untuk setiap tingkatan, membuat rencana membina dari program perindukan maupun mingguan.

Kegiatan untuk tanggal 3-5 Maret akan dilaksanakan penguatan bagi pembina dengan berkemah di Canisius Camping Ground-Sentul, dari Kampus Santa Maria mengutus sembilan (9) kakak pembina untuk mengikuti kegiatan ini yang mewakili unit KB-TK, SD, SMP, SMK.

Utusan Kampus Santa Maria Jakarta

Semoga kegiatan dapat berjalan dengan baik, dan dengan kegiatan kursus dapat melahirkan kakak-kakak pembina yang mumpuni untuk memajukan kepramukaan Indonesia, khususnya Kampus Santa Maria.